Pages

Rabu, 28 November 2012

Pertentangan Sosial Dan Integrasi Masyarakat


Pertentangan Sosial
Pertentangan sosial adalah sebuah konflik yang terdapat di masyarakat yang menyebabkan suatu permasalahan kecil ataupun besar. Di dalam pertentangan sosial terdapat 2 masalah yang paling banyak terjadi di masyarakat yaitu :
1.     Dikriminasi
Diskriminasi adalah perbedaan kelakuan yang disebabkan oleh perbedaan sesuatu seperti perbedaan sosial, golongan, suku, atau pun agama.
2.     Ethosentris
Ethosentris adalah sebuah presepsi yang menyangkut budaya dan merasa budaya nya lah yang terbaik diantara budaya budaya yang lain nya.

Integrasi Masyarakat
Integrasi masyarakat adalah suatu perbedaan unsur dalam bermasyarakat hingga memiliki keselarasan fungsi. Mungkin di Indonesia lebih dikenal dengan “Bhineka Tunggal Ika”, adalah berbeda beda tetapi satu. Unsur yang berbeda itu adalah unsur budaya di indonesia karena di indonesia memiliki banyak kebudayaan yang sangat banyak namun mereka semua menyatu membela indonesia demi kemerdekaan indonesia yang berarti mereka memiliki keselarasan fungsi yang sama yang menginginkan kemerdekaan indonesia.

Contoh permasalahan nya adalah terjadi sebuah dikriminasi diantara masyarakat yang diakibatkan orang tersebut memiliki suatu perbedaan dari pada masyarakat umum nya, seharusnya dalam hidup bermasyarakat kita harus saling memiliki keselarasan agar tidak lagi timbul sikap diskriminasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

About